PERUBAHAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL
Keywords:
Bentuk Perubahan Makna, Kata, Bahasa Indonesia, Semantik, Media SosialAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan kata bahasa Indonesia yang mengalami perubahan makna dalam pemakaiannya di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif. Data dalam penelitian ini adalah kata bahasa Indonesia yang terdapat di media sosial dan mengalami perubahan makna. Data dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Peneliti menyimak penggunaan kata-kata di media sosial seperti instagram dan facebook, kemudian mencatat kata-kata yang dianggap mengalami perubahan makna dan dianalisis. Dari hasil penelitian, ditemukan 34 kata bahasa Indonesia yang mengalami perubahan makna. Perubahan makna yang ditemukan, yaitu 16 makna kata yang meluas (generalisasi), 6 makna kata yang menyempit (spesialisasi), 2 makna kata yang mengalami penghalusan (eufimia), 3 kata yang mengalami pengasaran (disfemia), dan 7 kata yang mengalami perubahan total. Perubahan makna kata bahasa Indonesia di media sosial terjadi karena beberapa faktor, yaitu adanya asosiasi, faktor sosial , faktor psikologis, perkembangan IPTEK, dan bidang pemakaian. Perubahan makna sebuah kata bahasa Indonesia dapat disebabkan oleh banyak faktor.